Skip to main content

Cara Membangun Usaha Melalui Blog

Cara Membangun Usaha Melalui Blog Apakah Elna Blog?
Pada tulisan yang kamu baca ini (judul Cara Membangun Usaha Melalui Blog), Saya telah mempersiapkan artikel ini jauh jauh hari untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. semoga isi postingan Artikel Panduan Usaha, yang saya tulis ini dapat anda ikuti dengan baik. Selamat membaca.

Judul : Cara Membangun Usaha Melalui Blog
link : Cara Membangun Usaha Melalui Blog

Baca juga


Cara Membangun Usaha Melalui Blog


Cara membangun usaha melalui blog itu sangatlah mudah, Semudah update status di media sosial (baca:medsos) seperti facebook, twitter, google+, BBM dan lain sebagainya.

Update status itu mudah kan?

Tinggal nulis apa yang kita rasakan saat ini, terus klik kirim, begitu kan?

Iyalah.

Membangun usaha menggunakan blog juga modalnya lebih sedikit dibanding dengan aktif di medsos. Kita hanya perlu sedikit menambah kekreatifan kita. Entah itu dengan membaca, memperhatikan fenomena alam, atau lainnya. Ya ada modal yang lain juga sih seperti hp/komputer/laptop + kuota data internet. Kalo masalah ini sih masalah kecil, iya kan?

"Terus apalagi yang perlu disiapkan? "

Yang perlu kita siapkan adalah

Ketekunan

Dalam mengelola blog, kita memerlukan ketekunan. Ketekunan dalam membuat konten. Tekun dalam membuat konten sama seperti kita sedang membuat tulisan/video/gambar yang akan kita posting di medsos.

Sederhana kan?

Selain tekun dalam membuat konten, kita juga perlu tekun dalam update/posting konten yang sudah kita buat. Sama halnya kita update status setiap hari di medsos. Iya seperti itu. Hanya seperti itu.

Kasabaran

Dalam mengelola blog, tentunya kita harus bersabar. Sabar yang dimaksudkan di sini adalah sabar dalam menunggu waktu yang tepat untuk sampai mencapai pada tahap mendapatkan penghasilan dari blog. Sabar menunggu waktu yang tepat untuk menjalin relasi. Sabar menunggu waktu yang tepat untuk berpromosi. Iya, kita harus bersabar sedikit untuk melakukan semua hal yang berkaitan dengan penghasilan.

"Lantas berapa waktu yang diperlukan untuk sampai pada tahap menghasilkan? "

Sebenarnya tidak ada batasan waktu secara pasti untuk sampai pada tahap menghasilkan. Karena semua itu tergantung pada diri kita sendiri. Tergantung pada blog yang kita buat dan tergantung pada lingkungan sosial kita.

Saran saya waktu yang tepat idealnya adalah ketika blog kita sudah berumur satu tahun, Minimal 6 bulan. Karena asumsinya adalah ketika blog kita masih tergolong baru dan juga kita masih baru belajar ngeblog, kualitas blog kita juga belum maksimal.

Dengan memposting konten setiap hari, maka secara tidak langsung kita akan banyak belajar dari setiap konten yang sudah kita buat, dan kualitas konten yang kita buat pun akan semakin baik pula. Dengan kualitas konten yang baik, maka kualitas blog kita akan baik pula. 

Optimis

Sikap optimis dalam mengelola blog itu sangat diperlukan. Seperti kita optimis dalam mencapai cita-cita. Sikap optimis ini sangat berpengaruh terhadap kemajuan blog kita. Artinya ketika kita optimis bahwa kita akan mencapai tujuan ini yaitu menjadikan blog sebagai media untuk membangun usaha, maka kita akan semangat dalam membuat konten sehingga kita bisa update konten tiap hari sehingga blog kita terlihat hidup.

Kesadaran

Kesadaran dalam mengelola blog. Iya. Kita harus sadar. Harus sadar dengan apa yang harus kita lakukan dan apa yang perlu kita perhatikan. Seperti halnya ketika kita mengelola akun medsos kita. Kita harus menjaganya. Menjaga di sini lebih ditekankan pada konten yang telah kita buat. Ada batasan-batasan dalam konten yang kita buat.

Dalam kata lain, konten yang kita buat itu aman untuk dipublikasikan dan tidak mengandung hal-hal yang bertentangan dengan hukum. Tujuannya adalah untuk menghindari permasalahan-permasalahan yang memungkinkan bisa terjadi dan akan mencoreng nama baik brand blog kita.

Nah setelah kita mengetahui apa saja yang perlu disiapkan dan setelah melaksanakan semua itu dengan baik, sekarang kita melangkah pada proses selanjutnya yaitu promosi blog. Promosi blog bertujuan untuk menarik visitor (baca:pengunjung).

Perlu kita ingat bahwa blog yang kita buat itu berada di urutan 1000+ dalam search engine (baca:mesin pencarian). Maka dari itu kita perlu mengenalkan blog kita terlebih dulu.

"Apa sih yang perlu kita lakukan dalam mempromosikan blog kita?"

Yang perlu kita lakukan cukup simpel yaitu hanya mempromosikannya saja, entah mengenalkannya pada keluarga, teman, atau saudara. Media yang bisa digunakan juga banyak. Bisa melalui medsos ataupun secara langsung, tentunya dengan melakukan pendekatan-pendekatan agar promosi kita berhasil.

Dan perlu diketahui, dalam tahap ini, kita belum berorientasi pada penghasilan. Pada tahap ini kita hanya mengenalkan blog kita dan tujuannya hanya untuk menarik visitor saja. Dan target utamanya adalah bagaimana cara untuk mendapatkan kepercayaan visitor sehingga mereka mau menjadi pelanggan blog kita, dalam kata lain selalu mengunjungi blog kita setiap harinya.

Setelah proses promosi berhasil (sudah banyak pelanggan/visitor tetap) maka kita memasuki tahap yang kita nanti-nantikan yaitu tahap mencari relasi. Relasi disini lebih ditekankan pada relasi bisnis. Tentunya bisnis yang sebenarnya, bisnis yang benar-benar menghasilkan margin (baca:keuntungan). Dalam bisnis blog, kita berfungsi sebagai publisher iklan (penyedia jasa periklanan).

Dalam mencari relasi bisnis, ada dua cara yaitu relasi online dan relasi offline.

Relasi online contohnya google adsense. Google adsense adalah perusahaan penyedia layanan periklanan milik google. Biasanya perusahaan-perusahaan banyak yang menggunakan jasa google adsense untuk mempromosikan produknya.

Nah peran kita disini adalah yang mengiklankan produk perusahaan-perusahaan yang iklan ke google adsense. Tentunya kita harus daftar dulu dan perlu persetujuan dari google adsense. Selain google adsense juga masih ada dan jumlahnya tidak sedikit.

Selain relasi online, kita bisa mencari relasi offline. Karena posisi kita disini adalah publisher maka kita menawarkan jasa ini ke perusahaan-perusahaan yang ada di sekitar kita. Atau juga menawarkan jasa ini kepada keluarga, saudara, teman atau tetangga yang memiliki usaha. Dengan menentukan tarif dan lain sebagainnya.

Tentunya perlu juga tindakan-tindakan seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Dan jika kita belum berhasil bekerja sama dengan orang lain setidaknya blog yang kita kelola bisa dijadikan sebagai media promosi untuk produk dan usaha kita sendiri. Jadi tidak ada ruginya ketika kita mau melaksanakan cara-cara yang sudah saya jelaskan diatas.

Kesimpulan

Intinya cara membangun usaha menggunakan blog adalah dengan ketekunan, optimis, sabar dan berpromosi kepada siapa saja yang berinteraksi dengan kita. Sehingga bisa tercapai tujuan yang telah kita tetapkan sejak dari awal membuat blog.

Pesan saya,"Sebisa mungkin untuk menikmati proses panjang ini, karena berhasil atau tidaknya tergantung pada kemauan kita sendiri."

Selamat berproses dan semangat selalu :)

Writen by : Much. Nasih Amin


Demikianlah Artikel Cara Membangun Usaha Melalui Blog

. Sekianlah artikel Cara Membangun Usaha Melalui Blog kali ini, Semoga dapat memberi manfaat. Sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Membangun Usaha Melalui Blog dengan alamat link https://elnablog.blogspot.com/2016/06/cara-membangun-usaha-melalui-blog.html

Comments

Popular posts from this blog

Geevv.com Mesin Pencarian Berbasis Sosial Karya Anak Indonesia

Apa Itu Geevv?
Mesin pencarian Geevv.com adalah mesin pencarian yang dibuat oleh anak Indonesia. Mesin pencarian ini sama halnya seperti Google, Bing, Goo milik Jepang, Yandex milik Rusia, Baidu milik China. Geevv ini sama seperti mesin pencari lainnya namun kelebihan Geevv adalah berkonsep sosial. Artinya keuntungan yang didapat dari Geevv 80% digunakan untuk dana sosial dan 20% digunakan untuk mengembangkan layanan Geevv sendiri.
Siapa Pencipta Geevv?
Pencipta Geevv adalah mahasiswi Universitas Indonesia Azka Slimi (21 tahun) dibantu oleh rekannya. Sangat menarik ya Indonesia ternyata punya mesin pencari sendiri, apalagi berkonsep sosial juga. Sungguh kreativitas yang kreatif :)
Mungkin sebenarnya masih ada banyak lagi mesin pencari lainnya yang ada di Indonesia namun mereka tidak berkonsep sosial sehingga kalah saing dengan mesin pencari yang sudah menguasai pasaran dunia.
Kita doakan saja semoga mesin pencari Geevv.com bisa terus berkembang pesat dan terus banyak penggunanya sehi…

Belajar AMP HTML (Accelerated Mobile Pages)

Elna Blog - Accelerated Mobile Pages (AMP) Telah dirilis dan telah digunakan oleh para blogger, contohnya dapat anda lihat di halaman Google Search (Mesin Pencari Google) terutama blog-blog yang membahas tentang desain template blog ataupun blog-blog yang membahas tentang webmaster google. Namun Masih Banyak orang yang masih awam dengan yang namanya AMP (Accelerated Mobile Pages) termasuk anda. 
Apa sih yang dimaksud dengan AMP (Accelerated Mobile Pages) Google dan bagaimana cara kerja AMP (Accelerated Mobile Pages ) Google ini? 
Simak Pembahasannya di bawah ini.


Apa itu AMP (Accelerated Mobile Pages) Google ?
Di pertengahan Oktober tahun 2015 Google telah mengumumkan sebuah framework baru yang disebut dengan Google AMP (Accelerated Mobile Pages)  atau AMP (Accelerated Mobile Pages) HTML. AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah sebuah framework yang dirancang khusus yang bertujuan untuk memudahkan developer dalam membuat sebuah halaman web yang dapat diakses dengan sangat cepat di perang…

Fungsi, Manfaat Dan Kegunaan Smartphone yang Jarang diketahui oleh Banyak orang

Fungsi, manfaat Dan Kegunaan smartphone sangatlah banyak tapi jarang sekali ada orang yang menyadari akan hal itu. Mereka hanya sekedar mrngetahui bahwa smartphone itu untuk browsing, bersosial media, dan berfoto selfi. Hal yang sangat diaayangkan jika anda juga berfikiran seperti itu.

Manfaat, fungsi, dan kegunaan smartphone bukan hanya sekedar untuk itu-itu saja, melainkan ada banyak Manfaat yang lebih komplek lagi yang jarang diketahui dan disadari oleh banyak orang. Jika ditinjau dari segi fisiknya, smartphone bisa dikategorikan dalam kelompok handphone. Tapi jika ditinjau dari sistem perangkat lunaknya, maka kita akan menemukan smartphone yang sesungguhnya yaitu handphone yang menggunakan sistem operasi komputer.

Disinilah titik terang adanya perbedaan handphone biasa dengan smartphone. Handphone biasa hanya bisa kita gunakan untuk telepon, sms, browsing dsb. Sedangkan smartphone fungsi, manfaat, dan kegunaannya lebih dari sekedar itu. Yaitu sudah ada fasilitas sofware layaknya …